Artikel Terbaru :

18 Des 2012

Optimalkan UP4B dalam Percepatan Pembangunan Papua & Papua Barat



Jakarta - Komisi II DPR RI mempertanyakan optimalisasi kebijakan UP4B, terkait disahkannya otonomi daerah baru, kabupaten Manokwari Selatan, dan Pegunungan Arfak (Papua Barat) dalam sidang paripurna(25/10) yang lalu.
“Konsep pengendalian serta pemantauan baik program dan anggaran dana otonomi khusus oleh pemerintah, harus betul-betul efektif serta selektif. Karenanya, Komisi II DPR meminta penjelasan lebih lanjut dari Kepala UP4B, Bambang Darmono.” Hal ini disampaikan anggota komisi II DPR RI. Gamari Sutrisno, Senin(10/12) di kompleks parlemen, Jakarta.
Gamari menegaskan, karena produk kebijakan yang dilahirkan UP4B digunakan presiden sebagai dukungan dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi perencanaan, fasilitasi, serta pengendalian pelaksanaan Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B).
"Harus jelas, konsep pengendalian serta pemantauan program dan anggaran dana otonomi khusus ini, karena dari kunjungan kami ke papua, belum menunjukkan hasil yang signifikan.” “Sebagai contoh dalam hal infrastruktur jalan antara kabupaten Manokwari ke pegunungan Arfak, luar biasa sulitnya dijangkau karena tidak adanya transportasi reguler, dan bila harus menyewa itupun menjadi sangat mahal," kata Gamari.
Menurutnya, hal ini sesuai undang-undang nomor 21 tahun 2001, tentang alokasi dana otonomi khusus provinsi papua dan papua barat bahwa pelaksanaan pembangunan infrastruktur di seluruh kota-kota provinsi, kabupaten/kota, distrik atau pusat-pusat penduduk lainnya terhubung dengan transportasi darat, laut, atau udara yang berkualitas.
“Prinsipnya politik anggaran yang semakin efektif, tepat sasaran, tepat peruntukkan, jangan sampai UP4B ini diadakan tapi tidak memberi manfaat pada percepatan pembangunan di Papua.” Tegasnya.
Ia menambahkan, “Pembentukan daerah otonomi baru sebagai suatu upaya menata daerah dengan memangkas rentang kendali pemerintahan, berdasarkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah papua dan papua barat.”
Gamari berharap, provinsi papua dan papua barat dapat melakukan aktifitas ekonominya secara baik, menguntungkan sebagai bagian dari sistem perekonomian nasional dan global.
Sumber: http://www.pks.or.id/content/optimalkan-up4b-dalam-percepatan-pembangunan-papua-papua-barat
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.