Artikel Terbaru :

29 Jan 2013

Bang Sani Ajak Tangani Banjir dengan Biopori


Masalah yang muncul setelah selesainya banjir adalah kondisi lingkungan yang kotor dan timbulnya penyakit. Hal ini menggerakkan kader Partai Keadilan Sejahtera untuk melakukan kerja bakti serentak di 42 titik kecamatan seluruh DKI Jakarta sambil mengisi Momentum  hari lahirnya Nabi besar Muhammad SAW.
Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Pusat memusatkan acara dengan melakukan pelayanan kesehatan dan penyemprotan disenfektan di kelurahan Bendungan Hilir kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, tepatnya di jalan Penjernihan dalam RT 004/007. Acara yang dihadiri oleh Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS DKI Jakarta Triwisaksana mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Lurah Bendungan Hilir, Yogi Suprayogi dalam sambutannya terkesan dengan kepedulian PKS terhadap masyarakat khususnya warga korban banjir di RW 07 kelurahan Bendungan Hilir.
Selanjutnya pria yang biasa di panggil Bang Sani ini menyampaikan, tugas sebagai warga negara untuk mencegah terjadinya banjir adalah menjaga kebersihan lingkungan, membuat lubang biopori, dan melakukan penghijauan lewat menanam pohon. Menurut Bang Sani, tidak ada sulitnya bagi masyarakat untuk melakukan tiga hal tersebut. Namun jika semua orang melakukannya, lingkungan kita akan terjaga. Lubang resapan biopori adalah semacam lubang resapan untuk meningkatkan daya resap air ke dalam tanah. Lubang ini dapat dibuat di pekarangan dengan diameter kurang lebih 10 cm dan sedalam 100 cm. Jika air tanahnya dangkal maka lubang dibuat tidak sampai melebihi kedalaman muka air tanah. Lubang tersebut lalu diisi dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori oleh berbagai hewan yang hidup dalam tanah dan akar tanaman.
Sementara itu Muhammad Agus Setiawan menambahkan penting gotong royong antar masyarakat dalam membangun lingkungannya masing-masing. “Bagaimanapun juga, kebersamaan yang kuat antar unsur masyarakat akan mempermudah kita menghadapi musibah, seperti apapun wujudnya”, tutur Agus.
Setelah memberikan sambutan, Bang Sani yang juga di dampingi Ketua DPD PKS Jakarta Pusat, Muhammad Agus Setiawan dan Ketua Dewan Pengurus Cabang PKS Tanah Abang,  Ardy Purnawan Sani memberikan secara simbolik bantuan berupa sembako kepada korban banjir, dilanjutkan penyemprotan disenfektan di MCK Umum dan fasilitas umum lainnya.
Ketika berkeliling, Bang Sani dan rombongan sempat bersilaturahim dengan tokoh masyarakat setempat, Ustadz Tubagus Mahdi Abdullah yang juga korban banjir. Dalam kesempatan itu, beliau juga memberikan taushiyah kepada Bang Sani untuk senantiasa amanah dalam menjalankan tugas agar selamat dunia akhirat.
Sumber: dakwatuna.com dan biopori.com
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.