“Orang kok hatinya seperti batu,” demikan
keluh seorang teman. Ia mengeluh atas ulah atasannya di tempat kerja yang
dinilai sangat kaku, tak berperasaan dan dinilai kurang punya empati sosial dengan
sesama.
Kasus seperti ini mudah kita temui. Di
kantor, di lingkungan bahkan di lingkungan terdekat keluarga kita sendiri, di
rumah. Sesungguhnya kematian hati tidak hanya merusak pribadi seseorang.
Lebih jauh, matinya hati akan berdampak sangat serius bagi kelangsungan alam
dan kehidupan itu sendiri. Berbagai macam problem kehidupan, dari pencemaran
lingkungan hingga tawuran, dari mencuri hingga korupsi, dari menipu hingga
membunuh, dari sekularisme hingga barbarisme, semuanya bermula dari hati yang mati.
Hati yang mati akan menggelapkan mata dari
kebenaran, menjadikan telinga tuli dari kebaikan, lidah tak terkendali dalam
menebar keburukan, dan tidak ada yang dipikirkan, diucapkan dan dilakukan
selain perkara-perkara yang mengundang kemurkaan Allah Subhanahu Wata’ala.
Orang yang mati hatinya akan mencintai kejahatan dan membenci kebaikan. Itulah
hati Fir’aun, Qarun, Abu Jahal, dan Abu Lahab. Itulah orang-orang yang telah
menuhankan hawa nafsunya.
أَفَرَأَيْتَ
مَنِ اتَّخَذَ إِلَهَهُ هَوَاهُ وَأَضَلَّهُ اللَّهُ عَلَى عِلْمٍ وَخَتَمَ عَلَى
سَمْعِهِ وَقَلْبِهِ وَجَعَلَ عَلَى بَصَرِهِ غِشَاوَةً فَمَن يَهْدِيهِ مِن
بَعْدِ اللَّهِ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ
“Maka pernahkah kamu melihat
orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya
berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan
meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya
petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil
pelajaran?” (QS: Al Jaatsiyah [45]: 23).
Pendiri Hidayatullah, Ustadz Abdullah Said,
dalam sebuah rekaman ceramahnya pernah menyampaikan bahwa, jika hati seseorang
mati, maka ia akan melakukan hal-hal yang mengundang murka Allah, banyak orang
yang akan dibenci, dimusuhi, dan dianiaya.
Bahkan orang seperti itu tidak akan pernah puas sebelum mereka yang dibenci dan dimusuhi enyah dari permukaan bumi. Senang bila melihat orang lain jatuh dan mati, dan sangat sedih jika ada orang lain mengunggulinya, apalagi sukses dan bahagia, melampaui apa yang telah diraihnya. Perumpamaan orang yang seperti itu sungguh sangat buruk. Al-Qur’an, sama sekali tidak dipahami dengan baik, baginya hidup adalah nafsu dan ambisi belaka.
Bahkan orang seperti itu tidak akan pernah puas sebelum mereka yang dibenci dan dimusuhi enyah dari permukaan bumi. Senang bila melihat orang lain jatuh dan mati, dan sangat sedih jika ada orang lain mengunggulinya, apalagi sukses dan bahagia, melampaui apa yang telah diraihnya. Perumpamaan orang yang seperti itu sungguh sangat buruk. Al-Qur’an, sama sekali tidak dipahami dengan baik, baginya hidup adalah nafsu dan ambisi belaka.
وَلَوْ
شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَـكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى الأَرْضِ وَاتَّبَعَ
هَوَاهُ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ الْكَلْبِ إِن تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ أَوْ
تَتْرُكْهُ يَلْهَث ذَّلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُواْ بِآيَاتِنَا
فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
“…Tetapi dia cenderung kepada
dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti
anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya
dia mengulurkan lidahnya (juga)…” (QS: Al A’raf [7]: 176).
Jadi, sebagai seorang Muslim, terutama di era
globalisasi ini, kita tidak boleh lengah untuk memberikan ‘asupan gizi’ yang
berkualitas untuk kesehatan hati kita masing-masing. Dan, untuk bagaimana
menyehatkan hati manusia, Allah telah memberikan petunjuk yang luar biasa, agar
kita tidak hidup menjadi manusia yang pendengki, pemaki, dan irasional.
Menurut Imam Ghazali dalam bukunya “Ajaibul Qalbi al-Awwal min Rubu’
al-Mukhlikat” hati memiliki dua pengertian. Pertama, segumpal
daging yang berbentuk bulat panjang yang terletak di dada sebelah kiri, yang
memiliki fungsi-fungsi tertentu. Di dalamnya terdapat rongga yang berisi darah
hitam. Ini adalah sumber ruh atau nyawa. Kedua, yaitu sesuatu yang halus
(lathifah), bersifat ketuhanan (rabbaniyyah) dan ruhaniyah, yang berkaitan
dengan hati secara fisik tadi. Lathifah (yang halus) itu adalah hakikat
diri manusia. Ia mampu menangkap pengetahuan tentang Allah dan hal-hal
spiritual lainnya, yang tidak mungkin dicapai dengan akal pikiran semata. Hati
merupakan satu-satunya perangkat yang jika ia hidup pasti akan menjadikan
indera fisik lainnya, benar dalam melihat makna realitas dan kebenaran,
sehingga akan muncul sifat sholeh, santun, ramah, pemaaf, dan suka membantu
orang lain.
Maka marilah kita perbanyak dzikrullah agar
hati ini senantiasa hidup sehingga selalu ingin mendekat pada Allah dan cenderung pada kebaikan.
Sumber: alhikmah.ac.id