Artikel Terbaru :

10 Apr 2013

Grafit atau Intan?


Apa yang membedakan Grafit (ujung pensil yg hitam buat nulis) dan Intan padahal kedua-duanya tersusun dari zat (atom) yg sama yaitu karbon? Hanya karbon.

Yang membedakan adalah susunan atau hubungan antar atomnya. Dalam grafit tak semua atom berikatan. Hubungan ikatan antara lapisannya lemah sehingga grafit mudah patah. Sedangkan Intan membentuk struktur tetrahedral raksasa. Semua atom terikat satu sama lain. Tahan tekanan, menjadikannya material teratas.

Dalam kehidupan manusia pun, ada kalanya sama-sama manusia berkumpul. Satunya mempunyai sistem yg lemah sehingga rapuh dan mudah hancur, tak tahan prahara. Satunya lagi berhimpun dalam ikatan sistem yang kuat, menjadikannya kokoh, sekokoh intan. Paling kuat dan paling cemerlang.

Semoga kita diberi kemampuan oleh Allah Ta’ala untuk memahami ayat-ayat-Nya di alam ini sebagai titik tolak untuk meningkatkan iman, ilmu dan amal kita.

(dari catatan seorang rekan)
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.