Artikel Terbaru :

30 Okt 2016

Pemuda Fakfak Antusias Ikuti Sekolah Digital



Fakfak – Terletak di ujung barat Pulau Papua, Kabupaten Fakfak dikenal sebagai daerah penghasil pala dan didiami penduduk mayoritas muslim. Sama dengan wilayah lain di Papua, para pemuda di Fakfak belum familiar dalam mengoptimalkan kemampuannya di bidang teknologi digital. Padahal minat dan kemauan untuk belajar mereka sangat tinggi. Oleh karenanya Bidang Humas DPW PKS Papua Barat bekerjasama dengan DPD PKS Fakfak mengadakan kegiatan Sekolah Digital kelas PKStv yang diikuti 55 orang peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa pada tanggal 29 Oktober 2016.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua DPD PKS Fakfak, Muhammad Kabes, didampingi Sekretaris Umum DPD, Bapak Imam. Dalam sambutannya beliau berharap agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. “Di Pulau Jawa pelatihan seperti ini kita membayar tapi di sini diberikan secara cuma-cuma. Para pemuda harus mau belajar dan berkeinginan untuk maju. Jadi saya minta para peserta manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ujarnya.





Hadir sebagai pelatih pada acara ini adalah Kabid Humas DPW PKS Papua Barat, Gus Febry, yang juga merangkap sebagai koordinator PKStv Papua Barat. Menurutnya Fakfak cukup beruntung bisa melaksanakan Sekolah Digital mengingat terbatasnya SDM di setiap daerah. Sehingga untuk Fakfak difokuskan pada PKStv sementara di Sorong dan Manokwari sudah dibentuk Relawan Digital media sosial. “Fakfak merupakan salah satu DPD yang memiliki struktur kepengurusan yang lengkap dari 13 DPD yang ada di Papua Barat. Oleh karenanya momen Sekolah Digital ini merupakan upaya mengoptimalkan peran DPD dalam membangun hubungan baik dengan para pemuda,” tegasnya.
Materi yang diberikan pada kelas ini antara lain teknik reportase, teknik pengambilan gambar dan editing video. Selain itu para peserta diminta membuat liputan tentang tempat menarik di sudut kota Fakfak. Sembilan kelompok dibentuk dan bekerjasama membuat produksi video sesuai kreativitas masing-masing. Meskipun masih pemula tetapi video yang dihasilkan cukup memuaskan.



Salah satu perwakilan peserta dari mahasiswa bernama Soleh mengucapkan terima kasihnya atas terselenggaranya acara ini. Ia baru pertama kali terlibat dan ternyata membuat video itu mudah dan menyenangkan. “Seumur hidup saya baru sekarang belajar tentang cara memproduksi video sendiri. Berbekal pelatihan hari ini insya Allah saya dan teman-teman akan terus berkarya membuat video,” ujarnya. (feb)
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.