Artikel Terbaru :

2 Jan 2018

Tidak Sekedar Kemping di KEMBARA Raja Ampat


Saonek - Kemah Bakti Nusantara (KEMBARA) kembali digelar di akhir tahun 2017. Bila selama ini diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota maka untuk pertama kalinya pelaksanaan KEMBARA dilakukan di tingkat Provinsi Papua Barat pada tanggal 28-31 Desember 2017 bertempat di Pulau Saonek Kabupaten Raja Ampat. Even ini merupakan pertama kalinya dapat mengumpulkan pewakilan DPD-DPD PKS di Papua Barat sebanyak 45 ikhwan. 

Apa yang berbeda dari KEMBARA ini? Ternyata selain memiliki nilai edukatif dan rekreatif, KEMBARA kali ini mendorong para peserta untuk sigap melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga tajuk Leadership Training Camp tidak sekedar menginstruksikan para kader untuk kemping. Namun dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan sosial pada masyarakat yang tinggal di lokasi KEMBARA.

Dari format acara selama empat hari, pada hari terakhir dimanfaatkan penuh untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Di antaranya adalah silaturahmi kepada tokoh masyarakat, aksi membersihkan fasilitas sosial, membersihkan lokasi wisata dan membersihkan tempat ibadah.

Penduduk Pulau Saonek, yang berjumlah sekitar 500 jiwa, menilai positif aksi para kader PKS. Bagi mereka kehadiran para kader dapat meramaikan aktivitas peribadatan. Mulai dari kegiatan shalat berjamaah hingga mengikuti tahlilan bersama. Sebagaimana diucapkan oleh Kepala Kampung Saonek, Bapak Haji Husain Mambrakur, yang juga seorang muslim Papua. “Saya berterima kasih Pulau Saonek sudah dipilih sebagai lokasi kemah PKS. Dua hari kemarin kami undang mereka untuk hadir kegiatan baca doa bersama buat kerabat kami yang meninggal. Dan hari ini mereka ada bantu kami membersihan pantai-pantai dan mesjid,” ujarnya.

Lain lagi yang diungkapkan Bapak Ismail Saraka, anggota legislatif PKS pada DPRD Kabupaten Raja Ampat. Ia mengaku belum pernah melihat kegiatan seperti ini di Raja Ampat. Yaitu kemping sekaligus meleburkan diri ke masyarakat. Oleh karenanya ia berharap ke depannya pengurus DPW dapat melatih para pemuda dan simpatisan PKS di Raja Ampat untuk melakukan hal serupa.

Akhirnya selesai sudah KEMBARA Menengah Satu untuk para kader Papua Barat. Hasil yang sangat baik ini diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya kinerja DPD. Terutama untuk meningkatkan soliditas dalam kiprah politik di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Pengurus DPW juga berjanji agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi tahun depan pada lokasi yang berbeda. (Feb)  
   



    

 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.