Artikel Terbaru :

23 Nov 2019

M Taslim Terpilih Sebagai Ketua Komisi I DPRD Kota Sorong


Sorong (22/11) – Sidang paripurna penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Sorong secara mufakat menempatkan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di dua AKD, salah satunya berhasil menempati posisi sebagia ketua komisi I (Bidang Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan), yakni H. Muhammad Taslim, S.Sos. M.Pd.

Kader PKS ini diusulkan oleh Fraksi Amanah Kesejahteraan Bangsa beserta beberapa nama dari PAN dan PKB pasca rapat fraksi beberapa waktu lalu. Dihubungi melalui aplikasi WA, Taslim menuturkan bahwa langkah ke depan pasca terbentuknya komisi ini akan mengundang OPD terkait untuk mempresentasikan renstra OPD masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui visi, misi, program dan kendala yang saat ini dihadapi.

“Selanjutnya kami akan mengundang OPD untuk mendengarkan presentasi visi misi, program dan kendala dari masing-masing OPD terkait,” terang Taslim.

Sementara, saat disinggung terkait pembatasan perda yang nantinya akan menjadi kebijakan pemerintah pusat hingga ke daerah, Taslim menyatakan bahwa perda yang seharusnya dibuat oleh pemerintah bersama dengan DPRD haruslah benar-benar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adanya kekosongan peraturan sehingga memunculkan masalah sosial. Perda di sini berfungsi sebagai peredam gejolak sosial. Misalnya, Perda Miras yang harus tetap dipertahankan keberadaannya.

“Pemerintah daerah tidak bisa membatasi DPRD dalam pembuatan perda, karena perda adalah fungsi dan tugas DPRD,” paparnya. Taslim juga menambahkan bahwa perlu diingat pembuatan perda harus berdasar pada teori dan analisis yang matang. Melibatkan semua pihak sehingga perda yang dihasilkan kredibel dan menjadi solusi permasalahan sosial. Jika perda dibuat dengan pertimbangan tidak matang, maka perda hanya akan menjad aturan bisu, tidak bermanfaat dan paling fatal hanya akan menghabiskan anggaran APBD. [Ay]
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.