Dampingi Anak Autis dengan Cinta

 Oleh: Nurhaya Djafar,S.Pt. (Ketua BPKK DPW PKS Papua Barat)




Mari dampingi anak-anak istimewa dengan cinta dan empati dari orang tua dan orang terdekat karena mereka juga butuh melihat warna dunia dengan caranya sendiri.

Tanggal 2 april diperingati sebagai hari Peduli Autis Sedunia, hal menarik tentunya mengingat keberadaan anak autis yang begitu istimewa. Tidak sedikit istilah yang menyebut mereka “anak surga”, bisa jadi sebagai satu janji kepada para orang tua yang diamanahi Tuhan dengan keberadaan anak-anak spesial ini.

Data yang terhimpun menunjukkan sekitar 2,4 juta jiwa pengidap autis di Indonesia pada tahun 2018. Kondisi ini terus bertambah hingga sekarang. Rilis data tersebut harus benar-benar menjadi kajian mendalam bagi dunia pendidikan di Indonesia, mengingat anak-anak autis juga merupakan asset bangsa yang nantinya akan menjadi orang-orang besar seperti Mozart, Susan Boyle, dll.

Karena hal itu semua pihak harus menyadari bahwa anak yang merupakan anugrah terindah dari Allah tuhan yang Maha Esa tersebut diamanahkan bukan tanpa alasan, bisa jadi sebagai ujian kepada orang tua namun sejatinya hadiah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya hingga purna tugas kita sebagai orang tua. Meskipun tentu akan membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan anak-anak normal umumnya, anak-anak istimewa (autis)  membutuhkan kesabaran dan perhatian ekstra terutama dari orang tua dan keluarga terdekat.

Kunci utama dalam mengasuh anak-anak autis  adalah empati. Mereka butuh dimengerti oleh orang-orang  disekitarnya, karena kebutuhan anak autis adalah komunikasi yang nyambung dengan meraka. Maka orang tua harus memiliki stock sabar yang banyak, InsyaAllah anak-anak istimewa itu sudah Allah anugerahkan juga kelebihan dan potensi yang apabila diasah akan sangat luar biasa bahkan bisa melebihi anak normal.

Mari dampingi anak-anak istimewa dengan cinta dan empati dari orang tua dan orang terdekat karena mereka juga butuh melihat warna dunia dengan caranya sendiri.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post