Artikel Terbaru :

23 Okt 2013

Jabar Rujukan Pelaksanaan JKN

Gerakan Nasional Sadar Jaminan Kesehatan dicanangkan di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) Senin (21/10). Sukabumi sengaja dipilih karena Jawa barat adalah provinsi percontohan bagi penyelenggaraan BPJS kesehatan.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jabar telah melakukan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak Juni silam. "Jabar menjadi provinsi percontohan karena memiliki sistem rujukan dan pengobatan rumah sakit terbaik," ujar kader Partai Keadilan Sejahtera ini.
Pria yang akrab disapa Aher ini menegaskan wajar jika Jabar ditunjuk menjadi provinsi percontohkan untuk BPJS kesehatan. Sebagai provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia, Jabar berhasil melakukan pelayanan kesehatan dengan sangat baik. "JKN di Jabar jadi rujukan di daerah lain secara nasional," ujar Heryawan. 
Gerakan Nasional Sadar Jaminan Kesehatan nantinya akan diikuti sosialisasi intensif tentang pentingnya pola hidup sehat. Heryawan menambahkan, penelitian menunjukkan 75 persen kesehatan seseorang ditentukan faktor lingkungan dan pola hidup.
"Secara bertahap kita akan mengubah paradigma. Siapapun yang ke rumah sakit bukan mengobati sakit, tapi menjaga kesehatan," tutur Heryawan. Selain itu masyarakat juga mulai dikenalkan dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bukan semata menyiapkan jika seseorangn sakit suatu saat. "Namun untuk menjaga kesehatan seseorang."
Gerakan Nasional Sadar Jaminan Kesehatan dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Gerakan Nasional Sadar Jaminan Kesehatan ini amanat UUD 1945 tentang penyelenggaraan jaminan sosialbagi seluruh rakyat, khususnya bagi keluarga miskin.

Sumber: pks.or.id/content/aher-jabar-rujukan-pelaksanaan-jkn
 
© Copyright PKS Papua Barat 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.